Sunday, February 2, 2020

Berbagai Manfaat Berenang Untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Berbagai Manfaat Berenang Untuk Kesehatan Mental dan Fisik - Berenang merupakan aktifitas kebugaran yang manfaatnya diakui oleh jutaan ahli kesehatan di seluruh dunia. Berolahraga di dalam air, apakah itu olahraga aerobik atau air adalah pelatihan fisik yang sangat baik untuk semua orang, remaja dan warga lanjut usia, wanita hamil dan pria sehat, orang gemuk dan orang yang pulih dari cedera. Jika Anda berpikir untuk memulai aktivitas kebugaran, jangan mencari di tempat lain selain di kolam renang setempat. Teruslah membaca untuk mengetahui mengapa saya banyak mendukung manfaat dari berenang.

Berbagai Manfaat Berenang Untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Mudah pada persendian dan efektif pada otot

Karena dukungan yang diberikan air ke tubuh Anda, latihan di kolam renang seperti pelatihan di lingkungan tanpa bobot. Sendi dan ligamen Anda tidak terlalu tertekan seperti pada aktivitas kebugaran di lahan kering lainnya seperti jogging atau tenis. Karena itu, berenang adalah olahraga yang bebas dari cedera. 

Meskipun demikian, semua otot tubuh Anda dilatih dengan sangat efektif. Karena semua gerakan berenang lembut dan dilakukan dengan otot yang ditarik, sementara Anda melatih kekuatan dan ketahanan, Anda juga melatih fleksibilitas otot. Jika Anda mulai berenang sekarang, Anda akan menemukan diri Anda lebih kuat dan lebih fleksibel dalam beberapa minggu.

Manfaat kebugaran kardiovaskular

Berenang mengaktifkan semua kelompok otot utama dalam tubuh Anda, tetapi manfaat berenang lebih dari sekadar kekuatan otot. Perenang reguler mendapatkan pengkondisian keseluruhan yang mencakup perbaikan besar pada sistem kardiovaskular mereka. 

Bahkan hanya berlatih dua kali atau tiga kali seminggu Anda akan meningkatkan ambang laktat. Ini berarti, paru-paru dan jantung Anda akan dapat mendukung tubuh Anda selama upaya pelatihan dengan lebih banyak oksigen dan penggunaan yang lebih efisien untuk bahan bakar otot Anda. 

Anda kemudian akan dapat berlatih lebih keras dan meningkatkan lebih lanjut atau hanya untuk bertahan lebih lama melakukan latihan fisik apa pun. Tingkat kebugaran yang lebih baik di tubuh Anda akan membawa manfaat besar bagi keseimbangan hidup Anda. Anda akan menurunkan kadar gula, membakar kalori, dan merasa lebih kuat secara mental untuk menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari.


Membakar kalori

Karena berenang mengaktifkan semua kelompok otot utama dalam tubuh Anda, ia membakar lebih banyak kalori daripada joging. Tidak hanya itu, tetapi dengan ligamen Anda yang mudah, Anda tidak akan terluka sebanyak berlari dan Anda akan dapat terus berlatih sepanjang tahun karena Anda akan tetap sehat. Namun, untuk menurunkan berat badan, akal sehat perlu diterapkan. 

Latihan sangat penting, dan manfaat berenang untuk menurunkan berat badan jelas, tetapi Anda perlu diingat bahwa Anda akan menurunkan berat badan hanya jika Anda membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda makan. Jadi, perhatikan diet Anda dan bagikan makanan dengan bijak pada siang hari . Saran yang baik adalah mencoba untuk menunggu beberapa jam sebelum dan sesudah sesi pelatihan untuk memiliki sesuatu untuk dimakan, makan hanya makanan sehat dan jangan lupa untuk minum banyak air juga selama pelatihan Anda.

Berenang Selama Kehamilan

Semua Dokter akan merekomendasikan Anda untuk melakukan latihan fisik ringan selama kehamilan. Berjalan, berlatih yoga, atau mengikuti kelas aerobik lunak untuk wanita hamil biasanya dianggap sebagai kegiatan yang dapat dimanfaatkan wanita hamil. 

Karena kekhasan yang dimiliki oleh berenang, wanita hamil dapat memperoleh manfaat besar dengan memasukkan rutinitas kebugaran berenang yang lembut namun teratur dalam kehidupan mereka. Berenang melatih sangat efektif bagian atas tubuh termasuk punggung Anda. Punggung Anda harus kuat untuk menopang berat perut Anda yang menonjol. 

Stroke terbaik untuk berenang saat Anda hamil adalah gaya dada. Gaya dada tidak memerlukan rotasi batang tubuh dan karenanya lebih nyaman dilakukan dengan perut besar. Bahkan jika pelatihan ringan umumnya disarankan untuk semua wanita hamil, Anda harus selalu bertanya kepada Dokter Anda sebelum mulai berolahraga. Target utama Anda dengan pelatihan harus menjaga tingkat kebugaran Anda dan tidak meningkatkan kinerja berenang Anda.


Cara Memulai

Jika Anda merasa siap untuk memulai, saya akan merekomendasikan Anda untuk pergi dan memeriksa kegiatan apa yang ditawarkan oleh kolam renang lokal Anda. Anda bisa mulai dengan meminta seorang guru untuk memperkenalkan Anda tentang teknik renang, jika Anda seorang pemula, atau bergabung dengan tim master jika Anda ingin melatih lebih banyak dan mungkin bersenang-senang bersaing. 

Saya juga menyarankan Anda untuk hanya pergi ke kolam renang dan merencanakan pelatihan Anda sendiri. Ada banyak informasi di Internet dan banyak program pelatihan renang yang bagus tersedia untuk Anda ikuti.

Labels: